KIUMUTOGEL.COM

indonesia vs luar negri mana pilihan mu

indonesia vs luar negri
indonesia vs luar negri mana pilihan mu


poker domino99 - Donut sushi ayam goreng semuanya sudah pernah kita rasakan.

Tetapi tahukah makanan luar negri punya versi lokalnya juga yang tidak kalah nikmatnya.
Mari kita lihat makanan yang mana yang belum pernah kita coba dan cicipi

Berikut makanan lokal indonesia vs luar negri :

1. Shish Kebab - Sate kambing

Shish kebab, olahan daging kambing dari Turki memang sedap. Tetapi sate kambing ala Indonesia rasanya juga tak beda jauh.

Pada shish kebab, biasanya daging kambing diiris dengan bentuk dadu, kemudian ditusuk dengan diselingi paprika dan bawang bombay. Penyajiannya lumayan mirip dengan sate kambing yang juga disertai irisan bawang mentah.

2. Yakisoba - Bakmi goreng

Pada dasarnya yakisoba dari Jepang dan bakmi goreng dari Indonesia sama sajak, kok. Sama-sama mi goreng. Yang membedakan hanya topping yang bervariasi. Kalau yakisoba biasa disajikan dengan irisan daging, aonori (bubuk rumput laut), dan beni shoga (acar jahe), bakmi goreng bisa hadir dengan lauk berlimpah, misalnya telur orak-arik, bakso, sawi, kol, dan potongan daging ayam atau makanan laut.

3. Vegetable salad - Gado-gado

Kalau di sini kita menyebutnya gado-gado, mungkin itulah yang disebut vegetable salad oleh orang-orang bule. Sama-sama terbuat dari aneka sayuran yang disajikan dengan dressing. Kalau dressing salad lebih ringan, dressing alias bumbu gado-gado lebih kaya rasa dengan perpaduan kacang dan bumbu-bumbu lokal.

4. Fritters - Gorengan seribu perak

Gorengan seribu perak yang bisa kita dapatkan dengan harga sangat terjangkau di pinggir jalan juga jadi makanan favorit di luar negeri, lho.

Fritter biasanya terbuat dari buah, jagung, bawang, atau daging yang dibalut tepung dan digoreng kering. Kadang juga dibuat dari keju mozarella. Ada juga fritter yang terbuat dari jagung pipil dan tepung, mirip dengan bakwan jagung ala Indonesia.

5. Escargot - Tongseng bekicot

Escargot yang termasuk makanan mewah dalam kuliner Prancis memang berbeda jenis dengan bekicot lokal, cara memasaknya pun beda. Tetapi pada dasarnya kedua jenis siput berukuran besar ini memiliki rasa yang mirip.

6. Maki sushi - Lemper ikan

Kata siapa Indonesia tak punya versi lokal maki sushi atau sushi gulung? Buktinya lemper ikan atau lalampa dari Manado. Bedanya, lalampa dibuat dari daging ikan yang sudah dimasak dengan berbagai jenis bumbu rempah.

7. Paella - nasi goreng

Paella, olahan nasi berbumbu yang termasuk masakan tradisional Valencia, Spanyol sebenarnya tak beda jauh dengan nasi goreng atau nasi mawut dari Indonesia.

8. Risotto - bubur ayam

Risotto, olahan nasi asal Italia sebenarnya cukup mirip dengan bubur gurih asal Indonesia. Hanya saja bubur lebih encer, sementara butiran nasi dalam risotto masih berbentuk utuh.

Selain itu, lauk pelengkap risotto dicampurkan bersama nasi saat proses pemasakan. Sementara pelengkap bubur, misalnya bubur ayam dijadikan sebagai topping atau disajikan terpisah.

9. Poffertjes - kue cubit

Konon katanya, kue cubit merupakan adaptasi lokal dari poffertjes yang dibawa oleh penjajah Belanda di masa lalu. Bentuk dan cara memasaknya kurang lebih sama.

10. Crepes - Leker

Crepes yang bertekstur tipis dan kering hampir sama dengan leker yang jadi jajanan kaki lima favorit anak Indonesia. Bahkan kini leker juga hadir dengan topping yang bervariasi, menjelma jadi jajanan pinggir jalan yang modern. Salah satunya adalah Leker Paimo yang laris manis di Semarang.

11. kue cincin - donat

Mungkin tak banyak yang tahu, Betawi punya jajanan yang layak disebut donat asli Indonesia, namanya kue cincin.

Dari segi rasa, kue cincin lebih mirip dengan kue cucur. Bahannya dasarnya memang mirip dengan cucur, yaitu tepung beras, ketan, dan kelapa parut. Setelah digoreng, kemudian disiram gula jawa. Sekilas mirip dengan glazed donut, ya.

12. Fried chicken - ayam kremes

ari segi rasa, ayam kremes Indonesia mungkin justru lebih lezat daripada fried chicken di gerai fastfood ternama.

13. Buffalo mozzarella - Dangke

Kalau di luar negeri ada buffalo mozzarella, di Indonesia ada dangke, keju lokal yang juga terbuat dari susu kerbau. Bentuk, warna, dan penampilannya juga hampir sama.

14. Rice burger - Jadah tempe

Sudah pernah coba rice burger dari restoran cepat saji ala Jepang? Kalau begitu kamu juga wajib mencoba rice burger versi lokal, yaitu jadah tempe.

Makanan asal Yogyakarta ini terbuat dari tempe bacem yang diapit dengan jadah, olahan ketan dan santan yang ditanak. Santap dengan ditemani cabe rawit hijau yang pedas menggigit.

15. Sashimi - Gohu ikan cakalang

Doyan menyantap aneka sashimi dari potongan ikan di restoran Jepang tetapi belum pernah mencicipi sashimi lokal alias gohu dari Manado? Tentu belum lengkap petualangan kulinermu.

Itulah beberapa makanan lokal dengan citarasa yang tak kalah dari makanan-makanan luar. Sudah pernah mencicipi semuanya?
bonus dbsbola
bonus new member dbsbola

No comments

Powered by Blogger.