tips pemasaran marketing online
tips pemasaran marketing online |
gacor - Betapapun cantik dan lengkapnya tampilan toko online atau website online anda jika tidak menjalankan pemasaran marketing hasilnya akan percuma.
Untuk mencapai hasil yang optimal anda harus menjalankan strategi pemasaran marketing online dengan tepat.
Berikut strategi pemasaran marketing online :
1. Memiliki tujuan yang jelas :
Dalam upaya pemasaran kita harus memulai dengan tujuan yang jelas.Jika anda belum menentukan tujuan anda mulailah dengan sebuah survey ke pelanggan anda.
2. Kenali target pasar anda :
Setelah memiliki tujuan yang jelas langkah selanjutnya adalah mengenali dan menerapkan pasar yang tepat.dengan mengetahui target pasar dapat membantu anda dalam menentukan budget pemasaran hingga menentukan jenis konten untuk di posting.
Untuk menentukan target pasar anda bisa memulai dengan riset lalu menciptakan buyer pesona dan menentukan brand positioning yang ingin anda ciptakan.
3. Ciptakan konten yang menarik
Dalam membuat konten yang menarik sebisa mungkin jangan hanya melakukan posting berupa teks saja lengkapi dengan foto maupun video.
Ada banyak ide yang bisa di buat untuk konten anda dimulai dari tutorial singkat penggunaan produk , update fitur terbaru hingga testimoni pelanggan. Anda dapat membuat konten yang ringan namun sangat mencerminkan bisnis anda.
Salah satu contohnya adalah grammarly , sebuah platform yang membantu anda memperbaiki tata bahasa dan penulisan.
4. Jadwalkan posting konten dengan baik
Penjadwalan posting konten sangat penting untuk membantu anda menentukan kapan posting di lakukan dan seberapa sering.
Terlalu sering melakukan posting tentu akan memberi anda sedikit waktu untuk menciptakan konten .hasilnya bisa saja kualitas konten anda kurang maksimal hal ini akan meninggalkan kesan kurang baik bagi pengunjung.
Waktu ideal bagi masing-masing bisnis bisa saja berbeda tergantung target audiens, namun sebuah data menunjukkan bahwa waktu posting konten paling ideal secara global adalah di hari rabu pada pukul 9.00 - 15.00
5. Aktif berkomunikasi dengan audien
Salah satu tujuan utama media sosial adalah membangun chanel komunikasi .
Pastikan anda dapat berkomunikasi dengan konsumen anda dengan baik artinya anda tidak hanya berfokus pada konten yang anda posting saja ,menjawab komentar konsumen juga merupakan hal yang tidak kalah penting.
Semakin sering anda berdiskusi dengan konsumen di kolom komentar dan menyebut nama secara personal semakin baik engagement yang akan terbentuk.
6. Tentukan budget yang sesuai
Tentukan anggaran pemasaran dengan baik
Bagi pebisnis kecil menengah yang baru memulainya sebaiknya pilih cara pembuatan konten yang gratis atau murah tujuannya agar anggaran bisa di gunakan untuk kegiatan lain.
Dengan menentukan budget yang sesuai dengan tujuan anda tentu akan lebih mudah untuk bagi anda mengukur keberhasilan dalam upaya pemasaran yang anda lakukan.
7. Monitor dan analisis strategi anda
Setelah melakukan posting konten lakukanlah upaya monitoring bisa dengan mengamati komentar yang di berikan pengunjung atau melihat perkembangan jumlah share atau like.
Anda juga bisa memanfaatkan tools analytics untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. hal ini bertujuan untuk mempelajari tipe konten manakah yang di sukai konsumen anda dan harus di buat lebih sering.
Semoga bermanfaat
No comments