KIUMUTOGEL.COM

makanan khas lebaran

makanan khas lebaran opor ayam ketupat
makanan khas lebaran


superlivegames - Lebaran tiba setiap negara pasti memiliki makanan khas lebaran

Di indonesia makanan khas lebaran adalah ketupat dan opor ayam sedangkan di beberapa negara
Di belahan dunia lain juga memiliki kuliner unik dan kas yang di sajikan saat lebaran tiba.

Berikut makanan khas lebaran negara lain :

1. Sheer Kurma, Pakistan

Sheer Kurma adalah makanan khas yang dihidangkan saat Lebaran di Pakistan. Tradisi berkumpul keluarga di meja makan dengan hidangan gurih dan manis merupakan ritual yang tidak pernah terlewatkan muslim di Pakistan.

Sheer Kurma merupakan makanan penutup yang terbuat dari susu manis dan bihun. Sebelumnya bihun digoreng menggunakan ghee atau mentega, kemudian ditambahkan susu dalam sebuah panci tembikar berukuran besar.

Ketika mulai mengental, ditambahkan gula dan bumbu lainnya seperti kapulaga, kurma, kacang pistacio atau almond. Aromanya yang khas menjadikan makanan ini sebagai menu wajib orang-orang muslim Pakistan saat perayaan Idul Fitri.

2. Hyderabad Haleem, India

Sementara itu, makanan khas saat lebaran di India ada Hyderabad Haleem. Hyderabadi Haleem memiliki kekayaan rasa dari rempah-rempah yang beragam. Hyderabadi Haleem menggunakan beberapa bumbu tradisional seperti, jahe, bawang putih, kunyit, jinten, kayu manis, kapulaga, cengkeh, lada hitam dan lainnya.

Sedangkan bahan utama yang digunakan yaitu daging sapi atau kambing, kacang lentil dan gandum, ketiga bahan utama ini ditumbuk hingga menjadi butiran halus.

3. Qatayef

Di Yordania ada juga makanan khas saat lebaran bernama Qatayef. Qatayef merupakan makanan sejenis pancake atau serabi dengan aroma kayu manis yang diisi kacang-kacangan dan gula. Untuk menambah kelezatannya, Qatayef ditambah sirup panas atau madu.

4. Sa Nwin Ma Kin, Myanmar

Sedangkan di Myanmar terdapat makanan khas waktu lebaran. Sa Nwin Ma Kin yaitu kue atau puding yang diolah dari semolina atau butiran gandum.

Penganan ini dipadukan dengan Danbauk Htamin, semacam nasi biryani yang disajikan dengan irisan mangga, daun mint, dan cabe hijau.


No comments

Powered by Blogger.